Rabu, 16 Mei 2012

National Student Environmental Conference 2012




 “Green Campus Colaboration and Youth Movement to Support a Green Lifestyle”

LANDASAN PEMIKIRAN
Isu lingkungan menjadi topik hangat untuk dibicarakan saat ini. Setiap elemen masyarakat mulai menyadari bahwa Bumi memang tidak sedang dalam keadaan baik, harus melakukan tindakan untuk menyelamatkan Bumi kita bersama. Kata “hijau” atau “green” telah menjadi sebuah trend baru dalam setiap keseharian manusia sekarang ini. Aspek lingkungan pun menjadi salah satu acuan dasar dalam setiap proses pembangunan. Salah satu permasalahan lingkungan yang paling utama adalah Pemanasan Global (Global Warming), yang disebabkan oleh meningkatnya gas rumah kaca (karbon dioksida, metana, dan sebagainya) sehingga mengakibatkan suhu rata-rata bumi semakin meningkat. Gas rumah kaca ini berasal dari emisi pembakaran bahan bakar fosil, seperti kendaraan bermotor dan industri. Selain itu penebangan hutan yang semakin cepat semakin memperparah hal tersebut.. Perkembangan jaman sebanding dengan pekembangan teknologi dan pembangunan,yang memicu kerusakan lingkungan akibat tidak adanya keselarasan pembangunan dan pelaku perkembangan teknologi.
Seiring berkembangnya era, dimana pembangunan dan teknologi menjadi fokus utama. Namun juga, harus mempertimbangkan timbal balik terhadap lingkungan. Untuk kebutuhan masa depan dan dari segala bentuk perkembangan yang dibutuhkan manusia , tidak semena-mena  mengabaikan perbaikan dan keselarasan antara lingkungan dan pembangunan.Jika lingkungan tetap terjaga asri, maka dampak perbaikan terhadap pembangunan dalam segala sektor akan tertata dengan baik. Kerusakan terhadap lingkungan dan yang lainnya akan berkurang. Pada dasarnya hal yang paling menunjang dalam pembangunan adalah lingkungan yang terkondusif dan tetap terjaga baik agar pembangunan tidak hanya mengakibatkan kerusakan saja dan tidak ada tanggung jawab dalam pemanfaatannya.
Apa yang terjadi dengan bumi ini tentu saja tidak bisa dibiarkan begitu saja, harus melakukan tindakan nyata untuk mencari solusi dari permasalahan-permasalahan lingkungan tersebut. Hal ini tidak hanya menjadi tanggung jawab aktivis lingkungan saja, tapi semua elemen wajib berperan serta, mulai dari pemerintah, akademisi, masyarakat dan tentu saja pemuda. Sebagai makhluk Tuhan, manusia diciptakan dan dilengkapi akal pikiran untuk digunakan agar menjadi pemimpin dan penjaga di bumi yang asri ini.
National Student Environmental Conference merupakan salah satu rangkaian acara Inspiring Green Action 2012 (IGA 2012) Universitas Sebelas Maret yang membahas peran pemuda dalam melakukan solusi nyata menyelesaikan permasalahan lingkungan, terutama dalam konteks pegerakan di kampus atau perguruan tinggi. Gerakan mewujudkan kampus yang berwawasan lingkungan merupakan tindakan konkrit yang dapat dilakukan oleh perguruan tinggi untuk berkontribusi terhadap Bumi kita tercinta.

TEMA
Tema dari National Student Environmental Conference 2012 ini adalah  “Green Campus Colaboration and Youth Movement to Support a Green Lifestyle”.

TUJUAN
Tujuan dari National Student Environmental Conference 2012 adalah :
1.      Menginisiasi peran serta anak muda dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan
2.      Mendorong perwujudan kampus berwawasan lingkungan atauGreen Campus di seluruh kampus di Indonesia
3.      Menularkan gaya hidup ramah lingkungan kepada peserta konferensi sehingga dapat menjadi agen perubahan di daerahnya masing-masing.

PESERTA
Persyaratan Peserta National Student Environmental Conference 2012 antara lain :
                               I.            Persyaratan Umum
1.      Mahasiswa yang minimal duduk di semester II dan maksimal di semester VI.
2.      Mahasiswa tersebut sedang aktif dikegiatan lingkungan/organisasi lingkungan.
3.      Menyertai surat keterangan dari organisasi lingkungan yang sedang diikuti.
4.      Bersedia mengikuti kegiatan yang diwajibkan dari Inspiring Green Action 2012 dan berkomitmen dalam menciptakan kampus hijau didaerah masing-masing.
                            II.            Persyaratan Khusus
1.      Wajib membawa laptop pada saat terselenggaranya National Student Environmental Conference 2012
2.      Wajib membawa tumblr saat terselenggaranyaIGA 2012

MEKANISME PENDAFTARAN

1.      Calon peserta mendaftar online di web IGA 2012 (http://iga2012.com/pendaftaran/registrasi-national-student-environmental-conference-2012/) dan mengisi form lengkap.

2.      Calon peserta membayar via bank ke nomer rekening yang telah disediakan

BNI Kantor Cabang Surakarta
a.n. Rian Rahmawan
0194231208

Bank Mandiri
a.n. Leila Rizki Rahmawati
138-00-0977581-3

3.      Calon peserta verifikasi pendaftaran dengan menunjukkan bukti slip pembayaran yang telah discan/difoto dan dikirim ke email konferensi IGA 2012 (conference@iga2012.com)

4.      Calon peserta berhasil menjadi peserta konferensi setelah mendapat verifikasi dari panitia di akun email peserta/mendapat sms dari panitia.


5.       TOR konferensi dan surat pengantar dari panitia bisa didownload di email masing-masing, setelah mengirim bukti pembayaran.


More information : http://iga2012.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar